Percobaan Gunung Meletus

February 20, 2014 § 2 Comments

Berawal dari berita meletusnya gunung Kelud di koran, Kei dengan penuh semangat bertanya ini itu. Dia selalu menunjuk gambar, dan yang menarik ketika Kei menunjuk peta sebaran gunung api di Indonesia. Kei belum bisa baca, tapi dia tahu, tanda merah adalah tanda untuk gunung berapi….dan katanya dia tahu sendiri😀

Berlanjut lagi ketika tidur…kita membuka buku “aku suka belajar bumi” dan lagi-lagi Kei ingin dibacakan cerita tentang gunung berapi. Lagi-lagi dia menunjuk sebuah gambar meletusnya gunung berapi…katanya “ini ada tekanan ya Ambu, ada api.” Bolak balik buku itu dia buka, dan hari itu minta diceritakan tentang gunung di laut…padahal Ambunya udah teler :p
Sampai dia mengingat percobaan gunung meletus saat playgroup. Namanya Kei yang suka keukeuh…dia meminta dibuatkan percobaan gunung meletus.
Besoknya baru lihat-lihat ide dari pinterest, ternyata bahannya belum lengkap. Lagi-lagi Kei keukeuh, sempat ingin melipir ke warung Ucok malam-malam demi membeli cuka.
Akhirnya baru sempat beli cuka kemarin. Itu pun diingatkan dari pagi sebelum berangkat sekolah dan ketika pulang kantor, kalimat pertama yang menyambut kami adalah, “Ambu beli cuka ga?” Hahaha.
Kei si pecinta sains ini kemudian dengan keukeuhnya ingin segera melakukan percobaan saat itu juga.
Daku kutip disini bahan-bahannya ya.

Percobaan Gunung Meletus

Bahan:
– 1 sdm baking soda
– 3 tetes sabun cair
– 3 tetes pewarna (optional)
– 1/4 cup cuka
– koran untuk alas
– Botol bekas

Cara membuat:
– Siapkan alas dan botol bekas.
– Masukkan baking soda ke dalam botol bekas. Tetesin sabun cair dan pewarna.
– Dengan hati-hati dan melalui pengawasan orang tua, masukkan cuka ke dalam botol.
– Lihat apa yang terjadi?😀

20140220-175536.jpg
Malam itu, 1 botol cuka langsung habis karena Kei meminta pengulangan percobaan. Yang pasti siy Kei minta Ambunya untuk membeli cuka lagi. Bukan sekedar cuka, minta dibelikan juga coke & mentos, buat apa coba? hahaha.

Tagged: ,

§ 2 Responses to Percobaan Gunung Meletus

  • Hery Harjono says:

    Kemarin malam, ba’da maghrib Kei cerita sdah membuat percobaan gunung meletus dengan cuka. Ykung dulu pernah buat percobaan (berdasarkan buku yang Ykung belikan u/ kurcacis) dengan memasukkan air panas (dalam botol) ke dalam air dingin dalam box plastik. Ingat nggak mas Kei? Coba cari bukunya….. Nanti Ykung ceritakan kenapa ada banyak gunung api di laut. Banyak yang sudah “mati” tapi terus bejalan…. Banyak yang masih “hidup” dan terus tumbuh dan suka meledak-ledak…. Coba tanya Abah kenapa namanya “MERU”…..
    Ykung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Percobaan Gunung Meletus at Napak Tilas.

meta

%d bloggers like this: