Masak-masakan

Baklava

Ceritanya penasaran sama yang namanya baklava, penasaran pula cara buatnya gimana….bersyukurlah ada youtube yang menjawab rasa penasaran itu 😀
Ngubek-ngubek pula resep baklava….terima kasih juga om gugel telah menjawabnya dengan berbagai versi resep….dan akhirnya penasaran juga beli phyllo pastry dimana :p
Akhirnyaaaa….nemu phyllo pastry di grand lucky scbd, agak takjub juga dengan harganya yang 2x lipat harga puff pastry yg suka dibeli, errrr tapi yatapi daripada dikejar-kejar rasa penasaran, dibeli juga 😀

Daaaan…..sabtu sore ini, baru sempet bikin baklava karena bahan-bahannya udah cukup lengkap, termasuk butter corman nan enak.

20131214-211719.jpg
Trus trus, percobaan pertama ng-baklava dilakukan bersama Kei, hobiiii bener ngolesin butter ke setiap lembaran phyllo pastry walopun selalu komen kenapa banyak-banyak *lembarannya* :p

20131214-211843.jpg
Ohya, resepnya pake resep baklava Mba Ienas Tsuroyya yang daku kutip dari blog ini. Takaran gulanya daku kurangi, liat resepnya dengan rasa manis dari brown sugar-madu-gula putih…beuh kayanya giung banget ya.

Hasilnya? Ini rumah wangi butter 😀 deg-degan dengan hasil percobaan pertama, oven dipelototin tiap 5′ sekali, diliatin lagi apa mateng ato ga tiap layernya….setelah keluar dari oven, dilumuri saus madu + kulit jeruk, suaranya “nyesssss”….dan ternyata baklava itu enak 🙂

20131214-211959.jpg

Kesimpulan: klo nemu phyllo pastry, ga akan nyesel untuk dibeli 😀

20131214-212043.jpg

Advertisements

4 thoughts on “Baklava”

      1. Betul sekali, terlalu manis buatku (yg dasarnya penggemar gurih2). Waktu itu aku juga cicip bbrp kue maghreb lainnya. Ngga doyan semua. Mungkin aku bisa makan kl bikin sendiri spt kamu, krn leluasa ngurangin gula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s