Diet Kantong Plastik

October 31, 2012 § Leave a comment

Suatu waktu, ketika kami belanja bulanan, di depan kasir, kami meminta kardus dan sisanya dimasukkan ke dalam reusable shopping bag.
Seorang pengunjung, masih muda, menggunakan backpack, bawa tumblr sendiri…tiba-tiba tersenyum dan mendekati kami kemudian mengajukan pertanyaan, “kok ga pake plastik?”
Sejujurnya kami terkejut dengan pertanyaan itu…saat itu Abah yang diajukan pertanyaan itu dan dia jawab, “kami sudah terbiasa seperti ini dan mengurangi limbah plastik kan?”, Pengunjung itu pun tersenyum, entahlah apa yang ada dalam pikirannya mendengar jawaban itu hehe.
Kami pikir sang pengunjung yang masih pelajar itu memiliki “idealisme” yang sama.
Mmmm berarti kebanyakan orang punya pikiranan seperti itu, plastik adalah “wadah” praktis yang pasti akan dipilih untuk pertama kali, dibanding riweuh-riweuh bawa tas sendiri dari rumah untuk menampung semua belanjaan.
Riweuh ya bawa tas belanja sendiri?
Karena emang kami niat dan sudah terbiasa, ga riweuh kok🙂 Ciyus! hahaha.
Baca ini , merinding rasanya 90% sampah yang ada di laut itu adalah plastik. Terkenang juga sewaktu kami rekreasi ke pulau untung jawa, di area pohon bakau berserak sampah dan mayoritas adalah plastik dan styrofoam😦
Bagaimana wujud bumi jika kondisi ini terus menerus terjadi?😦 Bumi kita hanya satu, siapa lagi yang bertanggungjawab menjaga bumi selain kita-manusia. Akankah cucu-cicit kita nanti hanya akan mendengar dongeng bahwa bumi ini indah-tanaman hijau terhampar luas-lautan biru menghiasi 2/3 bumi-ikan berenang bebas di laut lepas? Sungguh, daku masih ingin berbagi dengan cucu cicit nanti…bahwa mereka masih bisa melihat lautan biru, bukannya lautan sampah plastik, masih bisa melihat hewan laut, bumi ini indah untuk dilihat dan nyaman untuk ditempati…semoga.

Hayu lah mulai kurangi penggunaan sampah sedikit demi sedikit…demi satu-satunya bumi kita🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Diet Kantong Plastik at Napak Tilas.

meta

%d bloggers like this: